Sejarah Piala Dunia Dari Masa Ke Masa

Sejarah Piala Dunia Dari Masa Ke Masa

Perhelatan Piala Dunia ini bukanlah pertandingan sepakbola internasional yang pertama. Sebelumnya pada tahun1908, sudah digelar Olympiade yang juga mempertandingkan cabang olahraga ini. Sejarah Piala Dunia dimulai pada tahun 1930 dimana laga ini diselenggarakan di Uruguay dan hanya diikuti oleh 13 negara saja. Tuan rumah Uruguay berhasil menjuarai Piala Dunia pertama ini setelah berhasil mengalahkan Argentina dengan skor 4-2.

Gagasan utama terciptanya kompetisi ini berawal dari ide Jules Rimet yang kala itu menjabat sebagai presiden FIFA. Pada tahun 1921, Rimet dan teman-temannya mulai mempersiapkan rancangan pertandingan Piala Dunia mulai dari pembakuan aturan hingga pemesanan trofi untuk juara. Keterbatasan transportasi dan jarak yang cukup jauh membuat jumlah kontestan Piala Dunia Uruguay sangat sedikit. Seiring dengan berjalannya waktu, laga ini menjadi ajang 4 tahunan yang mempertaruhkan gengsi masing-masing negara untuk bisa merebut trofi Piala Dunia.

Trofi Piala Dunia

Sejarah Piala Dunia Dari Masa Ke MasaPada mulanya trofi untuk juara Piala Dunia berbentuk patung dewi yang memegang cawan. Desain dari piala tersebut dirancang oleh Abel Lafleur seorang seniman asal perancis. Untuk mengenang jasa pencetus kompetisi ini, piala dengan tinggi 35 cm dan berat 3,8 kg diberi nama Trofi Jules Rimet. Brasil sebagai negara yang berhasil mendapatkan juara selama 3 kali berturut-turut berhak memiliki piala tersebut untuk selamanya.

Untuk menggantikan trofi Jules Rimet yang menjadi milik abadi dari timnas Brasil, FIFA memutuskan untuk membuat piala baru yang sampai saat ini tetap dipakai. Trofi World Cup ini adalah hasil rancangan Silvio Gazzaniga seorang seniman asal Italia. Dibagian bawah piala, terdapat nama beberapa negara yang berhasil memenangkan kompetisi ini yang akan terus berlanjut sampai Piala Dunia 2038.

Sejarah Piala Dunia mencatatkan Brasil sebagai kontestan yang berhasil meraih kemenangan terbanyak disusul oleh Jerman, Italia, Uruguay, dan Argentina. Jerman sebagai juara Piala Dunia 2014 berkesempatan menyamai rekor Brasil jika mampu merebut gelar juara pada Piala Dunia Rusia 2018. Selain trofi, pemenang juga mendapatkan hadiah uang yang jumlahnya sangat fantastis.

Penghargaan Piala Dunia

Ada beberapa penghargaan yang diberikan pada akhir pertandingan ini. Selain trofi bagi juara  dan runner up, beberapa pemain yang tampil apik pada laga tersebut juga berkesempatan mendapatkan penghargaan, beberapa diantaranya adalah :

  • Tim paling penghibur
    Penghargaan ini berdasarkan pada polling yang dilakukan oleh masyarakat umum. Timnas yang mendapatkan presentase terbesar, dialah yang keluar menjadi pemenang.
  • Sepatu emas
    Piala ini diberikan kepada pemain yang berhasil mencetak gol terbanyak. Pada Piala Dunia 2014, pemain asal Kolombia James Rodriguez berhasil mendapatkan penghargaan ini dengan 6 golnya unggul 1 poin dari Thomas Muller asal Jerman.
  • Bola emas
    Penghargaan ini diberikan kepada pemain terbaik sepanjang berlangsungnya pertandingan Piala Dunia. Lionel Messi terpilih menjadi pemain terbaik di Piala Dunia 2014 dan berhak mendapatkan penghargaan Bola Emas ini.
  • Yashin Award
    Penghargaan ini diberikan kepada penjaga gawang yang bersinar selama pertandingan berlangsung. Gelar kiper terbaik pernah diraih oleh kiper Spanyol, Iker Casillas pada Piala Dunia 2010.
  • Fair Play FIFA Award
    Penghargaan ini diberikan kepada timnas yang bermain fairplay dan lolos ke babak kedua. Brasil dan Spanyol pernah mendapatkan penghargaan ini pada Piala Dunia 2006 yang diselenggarakan di Jerman.

Perkembangan Sejarah Piala Dunia dari Tahun ke Tahun

Sejarah Piala Dunia dimulai pada tahun 1930, dan hingga sekarang memasuki kompetisi ke-21 sudah ada 32 negara yang siap memperebutkan trofi bergengsi tersebut. Lokasi digelarnya pertandingan ini selalu berpindah per 4 tahun. Negara yang terpilih sebagai tuan rumah harus menyiapkan fasilitas yang lengkap termasuk stadion yang akan digunakan untuk bertanding. Pada Piala Dunia 2018, Rusia berkesempatan menjadi tuan rumah dan langsung melaju ke babak penyisihan grup tanpa perlu melakoni laga kualifikasi. Adapun perkembangan Piala Dunia dari tahun ke tahun adalah:

  • 1930
    Kompetisi ini digelar di Uruguay dengan jumlah peserta sebanyak 13 negara. Tuan rumah Uruguay berhasil memenangkan laga final setelah mengalahkan Argentina dengan skor 4-2.
  • 1934
    Tuan rumah Italia berhasil merebut gelar juara Piala Dunia kedua setelah berhasil mengalahkan Republik Ceko dengan skor 2-1. Kompetisi ini dimainkan oleh 16 negara.
  • 1938
    Piala Dunia ketiga diselenggarakan di Prancis dengan peserta sebanyak 15 negara. Italia berhasil merebut gelar setelah berhasil mengalahkan Hungaria di babak final dengan skor 4-2.
  • 1950
    Pada tahun 1942 dan 1946, gelaran Piala Dunia ditiadakan karena berkecamuknya perang dunia II saat itu. Pada tahun 1950, kompetisi ini diselenggarakan kembali bertempat di Brasil. Tuan rumah sukses meraih juara dengan mengalahkan Uruguay di final 2-1.
  • 1954
    Switzerland berkesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia yang diikuti oleh 16 negara. Babak final mempertemukan Jerman Barat vs Hungaria yang akhirnya gelar juara berada di pihak Jerman Barat setelah berhasil menang dengan skor 2-1.
  • 1958
    Brasil berhasil merebut gelar pada pergelaran Piala Dunia tahun 1958 yang diselenggarakan di Swedia. Final Brasil vs Swedia berakhir dengan hasil 5-2.
  • 1962
    Tim Samba Brasil sukses mempertahankan gelar juara setelah mengalahkan Republik Ceko di partai final dengan skor 3-1. Laga Piala Dunia tahun ini digelar di Chile dengan jumlah kontestan sebanyak 16 negara.
  • 1966

Sejarah Piala Dunia Dari Masa Ke MasaInggris sebagai tuan rumah berhasil merebut gelar juara dengan sukses mengalahkan Jerman Barat 4-2. Pertandingan ini diikuti oleh 16 negara.

  • 1970
    Brasil sukses merebut gelar juara usai mengalahkan Italia di babak final dengan skor 4-1. Berlaku sebagai tuan rumah adalah Meksiko dengan jumlah kontestan sebanyak 16 negara.
  • 1974

Sejarah Piala Dunia Dari Masa Ke MasaPartai final Sejarah Piala Dunia tahun ini mempertemukan Jerman Barat vs Belanda, dan kemenangan berhasil diraih oleh tuan rumah Jerman Barat dengan skor 2-1.

  • 1978
    Tuan rumah Argentina sukses meraih gelar juara setelah berhasil menumbangkan Belanda dengan skor 3-1.
  • 1982
    Italia memperoleh trofi Piala Dunia Spanyol usai mengalahkan Jerman Barat di final dengan skor 3-1. Jumlah kontestan pada laga ini adalah sebanyak 24 negara.
  • 1986
    Argentina sukses merebut gelar juara usai menaklukkan Jerman Barat dengan skor 3-2. Piala dunia kali ini diikuti oleh 24 negara bertempat di Meksiko.
  • 1990
    Jerman Barat berhasil merebut trofi Piala Dunia setelah mengalahkan Argentina di babak final dengan skor 1-0. Bertindak sebagai tuan rumah pada pertandingan ini adalah Italia.
  • 1994
    Bertempat di Amerika Serikat, laga final terjadi antara Brasil vs Italia yang akhirnya dimenangkan oleh tim samba dengan skor 3-2.
  • 1998

Sejarah Piala Dunia Dari Masa Ke MasaTuan rumah Prancis sukses mengalahkan Brasil di laga final dengan skor 3-2. Piala dunia tahun ini diikuti oleh 32 negara dari seluruh penjuru dunia.

  • 2002
    Piala Dunia yang diselenggarakan di Korea Selatan dan Jepang ini mengantarkan Brasil memperoleh gelar juara usai mengalahkan Jerman dengan skor 2-0.
  • 2006
    Italia berhasil mengalahkan Prancis dengan skor 5-3. Piala Dunia kali ini diselenggarakan di Jerman yang diikuti oleh 32 negara.
  • 2010

Sejarah Piala Dunia Dari Masa Ke MasaSpanyol sukses merebut gelar juara setelah mengalahkan Belanda dengan skor tipis 1-0.

  • 2014
    Tuan rumah Brasil tidak mampu menunjukkan keperkasaannya di kandang sendiri.  Jerman sukses merebut gelar juara pada Sejarah Piala Dunia yang mengantarkan skuad Mesut Oezil cs meraih gelar untuk keempat kalinya.

Back to Top ↑